PELAYANAN SURAT

LAYANAN ADMITRASI KEPENDUDUKAN
Kepada masyarakat Desa Tawangrejo yang ingin mengurus administrasi kependudukan seperti E-KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan lain-lain bisa datang ke kantor desa dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan.

Untuk pengurusan dokumen kependudukan bisa diurus sendiri ke Dinas Kabupaten terkait. Namun pihak desa juga bisa memfasilitasi hal tersebut. Jadi bagi anda yang memerlukan informasi lainnya bisa menghubungi kantor desa.


PENGURUSAN AKTE KELAHIRAN
1. Potocopy KTP kedua orang tua ( dibuat memanjang)
2. Poto Copy Kartu Keluarga
3. Surat Keterangan Lahir dari Bidan / Surat Bidan (asli)
4. Surat Kelahiran dari Desa (form A-3)
5. Surat Pernyataan Saksi Kelahiran
6. Poto Copy KTP Saksi (2 orang)
7. Surat Pernyataan belum memiliki Akte Kelahiran (Bagi yang mengurus Akte setelah lewat 60 hari dari kelahiran)
8. Materai 6000 (1 bh)
9. Poto Copy Buku Nikah di legalisir. (Jika menikah di wilayah Kab. Pati legalisir di KUA. Jika menikah di luar wilayah Kab. Pati legalisir di Kemenag)
PENGURUSAN KARTU KELUARGA
1. Poto Copy Buku Nikah (1 lembar)
2. Poto Copy Ijazah Terakhir (1 lembar)
3. Pengantar dari RT
4. Bawa KK Asli ( jika memisah dari KK yang ada)
5. Surat Pindah Datang dari Tempat Asal ( jika pindahan dari luar Tawangrejo dan mau menjadi warga Tawangrejo )
6. Mengisi Formulir F.1-06 di Kantor Desa
PEMBUATAN E-KTP
1. Pengantar RT
2. Poto Copy Kartu Keluarga (1 lembar)
3. Pasphoto 2×3 (2 lembar)
4. Mengisi formulir di Kantor Desa
PENGURUSAN SURAT PINDAH PERGI / KELUAR DESA
1. Kartu Keluarga Asli
2. Pengantar RT
3. Pasphoto 3×4 (4 lembar)
4. Poto Copy E-KTP (jika KTP model lama/SIAK bawa yang asli)
5. Alamat Lengkap tempat tujuan pindah
LEGALISIR
Syarat – Syarat Pengurusan Legalisir : 
1) Menunjukkan Dokumen Asli yang dilegalisir
SURAT IZIN USAHA MIKRO KECIL (IUMK)
Syarat- Syarat Pengurusan Surat Izin Usaha Mikro Kecil :

  1. Fotocopy KTP yang masih Berlaku = 1 lembar
  2. Fotocopy Kartu Keluarga  = 1 lembar
  3. Rekomendasi dari Kelurahan/Desa Tempat Usaha Asli = 1 lembar
  4. Pengantar dari RT Tempat Berdirinya Usaha Asli = 1 lembar
  5. Pas Photo warna ukuran 4×6 = 2 lembar
SURAT IZIN REKLAME
Syarat – Syarat Pengurusan Surat Izin Reklame :

  1. Permohonan diatas kertas bermaterai Rp. 6000,-
  2. Rekomendasi dari Kelurahan / Desa yang bersangkutan
  3. Foto Copy KTP yang masih berlaku
  4. Foto Copy lunas Pajak Retribusi Daerah
  5. Materai Rp. 6000 = 2 lembar
  6. Pas Photo 3 x 4 = 2 lembar
  7. Surat Izin pemilik tanah jika Reklame ditanah orang lain
  8. Berita Acara Pemasangan Reklame (Trantib)
SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP)
Syarat- Syarat Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan :

  1. Fotocopy KTP yang masih Berlaku = 1 lembar
  2. Fotocopy Bukti Pembayaran Pajak Retribusi Daerah (HO) = 1lembar
  3. Fotocopy Bukti Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) = 1 lembar
  4. Rekomendasi dari Kelurahan/Desa Tempat berdirinya Usaha Asli = 1 lembar
  5. Fotocopy Surat Tanah / Perjanjian Sewa-menyewa = 1 rangkap
  6. Fotocopy Surat Rekomendasi / Surat Keterangan Kesehatan dari UPTD Kesehatan (untuk usaha Apotik, Praktek
  7. Bidan/Dokter, Toko Makanan/Kue, Rumah makan, dsb) = 1 lembar
  8. Fotocopy Akta Pendirian Bagi Koperasi (untuk koperasi yang bermodalkan Kurang dari atau sama dengan Rp. 200.000.000,-) = 1 rangkap
  9. Pas Photo warna ukuran 3×4 = 2 lembar
  10. Materai 6.000 = 2 lembar
SURAT IZIN TEMPAT USAHA ( SITU )
Syarat – Syarat Pengurusan Surat Izin Tempar Usaha :

  1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) yang masih berlaku
  2. Pajak Retribusi Daerah
  3. Fotocopy Pajak Bumi bangunan ( PBB )
  4. Rekomendasi dari Kelurhan/ Desa
  5. Fotocopy Surat Tanah
  6. Fotocopy Kepesertaan atau bukti pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan ( PT, CV )
  7. Melaporkan Surat Rekomendasi/ Surat Keterangan dari Kesehatan ( Dokter, Usaha Jualan Makanan, Apotik )
  8. Akta pendirian bagi PT, CV, yayasan, UD / Koperasi
  9. Surat Penunjukan bagi Perusahaan Cabang / Perwakilan / akta Pendirian Cabang
  10. Pas Foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) Lembar
  11. Materai Rp. 6000,- 1 (satu) Lembar
  12. Map 1 (satu) Pcs
  13. Fotocopy izin HO
SURAT IZIN BERKANTOR ( SIB )
Syarat- Syarat Pengurusan surat izin Berkantor :

  1. Fotocopy KTP yang Masih berlaku = 1 lembar
  2. Fotocopy SKRD Retribusi HO tahun berjalan = 1 lembar (Perpanjangan)
  3. Fotocopy Retribusi Sampah = 1 Lembar
  4. Fotocopy Rekomendasi Lurah/ Kades = 1 lembar
  5. Fotocopy Surat Tanah/Perjanjian sewa-menyewa = 1 rangkap
  6. Fotocopy PBB tahun berjalan = 1 rangkap
  7. Fotocopy Akta Pendirian dari Notaris = 1 rangkap
  8. Fotocopy SK Kemenhum & HAM ( Perpanjangan )
  9. Fotocopy akta Pendirian Cabang/Surat penunjukan Pimpinan Cabang = 1 rangkap/ Surat Kuasa
  10. Fotocopy Surat rekomendasi/petunjuk teknis/keterangan instansi terkait
  11. Fotocopy Bukti Kepesertaan/Bukti Pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan
  12. FotoCopy IMB = 1 rangkap
  13. Fotocopy Dokumen Amdal/UPL-UKL/SPPL
  14. Map 1 Pcs
  15. Materai Rp. 6000,- = 2 lembar
SURAT KETERANGAN AHLI WARIS
Syarat – Syarat Pengurusan Surat Keterangan Ahli waris :

  1. Surat Keterangan Kematian Asli dari Kelurahan/ Desa
  2. Surat Pernyataan Ahli Waris diatas materai yang diketahui minimal 2 orang saksi
  3. Surat Keterangan Ahli Waris dari kelurahan/ Desa
  4. Kartu Keluarga (KK) Asli yang meninggal dunia
  5. Foto Copy KTP Ahli Waris= 1 Lembar
  6. Foto Copy Surat Nikah = 1 Lembar
SURAT PINDAH KELUAR
Syarat – Syarat Pengurusan Surat Pindah Keluar :

  1. Surat Keterangan Pindah dari Kelurahan/ Desa
  2. Kartu Keluarga ( KK ) Asli Pemohon Pindah
  3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) = 1 Lembar
  4. Fotocopy KTP Kepala Keluarga= 1 Lembar
SURAT IZIN GANGGUAN ( HO )

Syarat – Syarat Pengurusan Surat Izin Gangguan :

  1. Fotocopy KTP yang masih berlaku = 1 Lembar
  2. Fotocopy Surat Setoran / SKRD Retribusi Ho tahun berjalan = 1 Lembar
  3. Asli Rekomendasi Lurah/ Kades = 1 Lembar
  4. Fotocopy Surat tanah/ perjanjian sewa-menyewa = 1 rangkap
  5. Fotocopy PBB tahun berjalan = 1 rangkap
  6. Fotocopy Retribusi sampah = 1 lembar
  7. Fotocopy Surat Rekomendasi/ keterangan/ petunjuk teknis instansi terkait
  8. Fotocopy akta Pendirian dari Notaris = 1 rangkap
  9. Fotocopy akta Pendirian cabang/Surat Penunjukan Pimpinan cabang/Kuasa = 1 rangkap
  10. Fotocopy Sk Dinas Koperasi = 1 rangkap
  11. Fotocopy Izin Lokasi = 1 rangkap
  12. Fotocopy IMB = 1 rangkap
  13. Fotocopy Dokumen Amdal/UPL-UKL/SPPL
  14. Fotocopy iuran Bulan terbaru/ kopian sertifikat BPJS Ketenagakerjaan
  15. Pas Photo 3 x 4 = 2 lembar
  16. Materai Rp. 6000,- = 2 Lembar
  17. Map 1 Pcs
SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM)
Syarat – Syarat Pengurusan Surat Keterangan Tidak Mampu :

  1. Surat Keterangan tidak mampu dari kelurahan / Desa yang
    Akan diketahui oleh Camat
  2. Menunjukkan Kartu Keluarga (KK) asli
  3. Photo Copy Kartu Keluarga (KK) = 1 Lembar
  4. Photo Copy KTP yang masih berlaku = 1 Lembar
SURAT PERNYATAAN GANTI RUGI TANAH ( SPGRT )
Syarat – Syarat Pengurusan Surat Pernyataan Ganti Rugi Tanah :

  1. Mengisi Formulir Surat Penyataan Ganti Kerugian
  2. Mengisi Formulir Durat Pernyataan Tidak bersengketa Dari Pemilik Tanah
  3. Mengisi Formulir Gambar/ Sket Lokasi Tanah
  4. Melampirkan Berita Acara Hasil Pengecekan yang dilakukan oleh Perangkat Desa/ Kelurahan, RT, RW Setempat dan Saksi Sempadan
  5. Melampirkan Surat keterangan Tentang Status Lahan dari UPTD kehutanan dan Perkebunan bagi Tanah untuk Perkebunan
  6. Melampirkan Sket Lokasi Tanah secara Keseluruhan bagi Tanah Kaplingan
  7. Melampirkan Fotocopy KTP Pembeli dan Penjual
  8. Melampirkan Fotocopy KTP Saksi Sempadan
  9. Melampirkan Fotocopy KTP Saksi keluarga Terdekat
  10. Melampirkan Surat Penyataan Saksi Sempadan yang di Tanda Tangani Pemilik Lahan Apabila Terjadi Perubahan Saksi sempadan yang diketahui Oleh Rt dan Rw Setempat
  11. Melampirkan Surat Dasar Kepemilikan Tanah
  12. Mengisi Formulir Ahli Waris bagi Tanah yang didapat dari Warisan ( 3 format )
  13. Melampirkan Fotocopy KTP Ahli Waris
  14. Melampirkan Formulir A5 dari Kelurhan/ Desa
  15. Melampirkan Asli dan Fotocopy Kartu Keluarga Orangtua yang bersangkutan
  16. Mengisi Formulir Hibah bagi Tanah yang didapat dari Hibah/ Pemberian
  17. Melampirkan Fotocopy Surat Tanah Pemberi Hibah
  18. Melampirkan Fotocopy KTP Penerima dan Pemberi Hibah
  19. Melampirkan FotoCopy KTP Saksi dalam Hibah/ Pemberian
  20. Melampirkan Foto Copy Bukti Pembayaran PBB 1 (satu) Lembar
  21. Melampirkan surat Keterangan Hilang dari Kepolisian jika terjadi Kehilangan Surat Tanah
  22. Melampirkan Surat Kuasa dari Pemilik Tanah Kepada yang dikuasakan untuk Mengurus segala sesuatunya yang diketahui oleh Lurah/ Desa.
REKOMENDASI YAYASAN/ ORGANISASI
Syarat – Syarat Pengurusan Rekomendasi Yayasan/ Organisasi :

  1. Foto Copy KTP Ketua, Sekretaris dan Bendahara
  2. Akte Pendirian Notaris
  3. Susunan Pengurus
  4. Surat Keterangan Berdomisili dari Kelurahan / Desa
  5. Permohonan Rekomendasi yang ditujukan Kepada Camat

 

Facebook Comments