Kelas Ibu Hamil

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan) dengan jumlah peserta maksimal 10 orang.

Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran. lebih lanjut tujuan pelaksanaan kelas Ibu Hamil itu untuk mengurangi angka kematian ibu (AKI).

Di Desa Tawangrejo kelas Ibu Hamil dilaksanakan rutin setiap bulan berjalan pada tanggal 15 di Pos Kesehatan Desa. Kegiatan ini dipandu langsung oleh bidan setempat ‘Ibu Indira Asmarini’, beliau juga aktif sebagai karyawan di Puskesmas Winong I yang bertugas di wilayah kerja desa Tawangrejo. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.30 hingga selesai. beberapa materi yang diberikan seputar kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir dan KB. Lebih lanjut kegiatan kelas ibu hamil juga dilakukan oleh pendamping dari Puskesmas Winong I. (ed: ia-whs)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan